Database

by 07.46 0 komentar
Setiap perusahaan pasti memiliki data yang harus disimpan dengan penyimpanan data yang baik, dan sifat dari data ini pun biasanya rahasia.
Tapi bagaimana jika data perusahaan ini banyak?
Biasanya ada data karyawan, belum lagi tipe karyawan itu ada banyak. Karyawan tetap, karyawan kontrak, freelancer, karyawan percobaan dan lain-lain. Nah, itu baru data yang ada di personalianya saja loh, belum lagi data transaksi, data keluar masuknya barang, dan juga data akunting. Wahh banyak ya, penyimpanan data dengan menggunakan excel bukannya tidak memungkinkan, tapi dengan hanya menggunakan excel atau penyimpanan manual lainnya tidak akan memberikan informasi secara tepat, bayangkan saja jika dalam penyimpanannya terdapat double penginputan, bisa saja kesalahan-kesalahan ini terjadi dan embuat informasi yang dihasilkan tidak akurat.
membentuk suatu berkas (file) berupa informasi, yang saling berhubungan (relation). Mungkin bagi sobat Inti yang terbiasa dengan dunia programmer pasti sudah sangat akrab dengan macam-macam database, dan database ini berpengaruh penting terhadap penyimpanan sebuah aplikasi.
Berikut ini ada bahasan mengenai teori dan berbagai macam database yang perlu kita ketahui:
  1. Kecepatan Dan Kemudahan
Database memiliki Kemampuan dalam menyeleksi data sehingga menjadi suatu kelompok yang terurut dengan cepat. Hal inilah yang ahirnya dapat menghasilkan informasi yang dibutuhkan secara cepat pula. Seberapa cepat pemrosesan data oleh database tergantung pula pada perancangan  databasenya.
     2.  Kontrol Data Terpusat
Meskipun pada suatu perusahaan memiliki banyak bagian atau divisi tapi database yang diperlukan tetap satu saja. Hal ini mempermudah pengontrolan data seperti ketika ingin mengupdate data mahasiswa, maka kita perlu mengupdate semua data di masing-masing bagian atau divisi, tetapi  cukup di satu database saja yang ada di server pusat.
     3.  Menghemat Biaya Perangkat
Dengan Memiliki Database Secara Terpusat Maka Di Masing-Masing Divisi Tidak Memerlukan Perangkat Untuk Menyimpan Database Berhubung Database Yang Dibutuhkan Hanya Satu Yaitu Yang Disimpan Di Server Pusat, Ini Tentunya Memangkas Biaya Pembelian Perangkat.
     4.  Keamanan Data
Hampir semua aplikasi manajemen database sekarang memiliki fasilitas manajemen pengguna. Manajemen pengguna ini mampu membuat hak akses kepada semua pengguna berdasarkan posisi dan kepentingan pengguna, sehingga data sangat amat walaupun banyak user yang dapat menggunakannya. Selain itu setiap database yang disimpan diperlukan sebuah password untuk dapat mengaksesnya.
     5.  Memudahkan Dalam Pembuatan Aplikasi Baru
Dalam poin ini database yang dirancang dengan sangat baik, sehingga jika perusahaan memerlukan aplikasi baru maka tidak memerlukan database baru, atau tidak perlu lagi mengubah struktur database yang ada sebelumnya. Programmer hanya perlu membuat tampilan antar muka yang diinginkan oleh perusahaan sesuai dengan kebutuhannya.

Masih banyak manfaat lainny. Jadi baik perusahaan kecil maupun besar, jika perusahaan mereka menginginkan rancangan penyimpanan data yang baik dan terstruktur maka sudah seharusnya perusahaan mengganti penyimpanan data mereka dengan system yang lebih baik, yang akan mengurangi tingkat kesalahan dalam penginputan data.

Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar